Jumat, 29 November 2013

Awal Mengenal Bisnis

             Pertama kali mengenal bisnis itu saat gue sekolah di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Sekolah gue terletak didaerah Cipinang, Jakarta Timur. Sekolah itu berbasis “Manajemen Bisinis”. Jadi gue mulai mengenal dengan bisnis saat gue sekolah disana. Gue disana mengambil jurusan Pemasaran (Marketing), kalau dulu sering disebut penjualan. Ohh iya gue masuk tahun ajaran 2010/2011. Awalnya gue ingin masuk jurusan akuntansi tapi karna nilainya ga cukup. Gue jadi masuk dijurusan pemasaran (marketing). Masuk jurusan pemasaran itu asik juga, disana kita dikenalin sama dunia bisnis. Ya walaupun jurusan yg lain seperti akuntansi dan administrasi perkantoran juga dikenali sama dunia bisnis. Tapi dijurusan pemasaran sangat dikenalin banget sama dunia bisnis. Seperti gimana caranya kita bila ingin memulai suatu bisnis, apa saja yang diperlukan bila ingin mendirikan perusahaan, berinteraksi dengan konsumen, cara menata barang dan lain-lain.
            Awalnya tidak terlalu paham sama bisnis ya mungkin karna baru mempelajarinya. Makin lama sudah hampir paham lah sama bisnis. Karena sekolah gue SMK, tiap semester pasti kita disuruh menjual suatu produk ke orang lain. Pas moment ini seru juga, karna bagaimana caranya kita menawarkan produk ke konsumen dan konsumen menjadi tertarik untuk membelinya. Agak susah-susah gampang sih. Ya itu bagaimana cara kita menarik perhatian konsumen seperti kita merayunya atau meyakinkan bahwa produk itu bagus. Bila kita menjual habis barang tersebut kita akan mendapatkan sertifikat gitu.
            Selama ngelewatin hal-hal itu seru juga dan kita sangat tertantang hehe. Oh iya bukan cuman ngejualanin barang doang nih gue sekolah disana. Pas kelas dua semester dua, kira-kira dari awal bulan maret sampai akhir april. Sekolah mengadakan praktek atau biasa disebut PKL. Jadi selain kita belajar teorinya kita juga praktek di dunia kerja secara langsung. Awalnya sih gue deg-degan gimana suasana dikantor-kantor, orang-orangnya gimana dan masih banyak banget lah yang gue khawatirin. Ternyata pas udah disana biasa-biasa aja, cuman bedanya orang-orang disana rata-rata umurnya udah 20 tahunan keatas hehe. Gue praktek bertigaan nih, tapi ada yang mencar tempat prakteknya. Untung aja gue ga sendirian ya hehe. Gue sama temen gue pernah dipindahin tempat praktek karna kita ngobrol terus nih hehe. Pas itu kita disuruh ketemu sama HRDnya. Sumpah itu bener-bener buat gue sama temen gue deg-degan minta ampun. Khawatir ga karuan, ngeri dikeluarin ditempat pkl. Padahal itu baru sehari loh -_-. Ternyata sebagai hukumannya gue sama temen gue dipindahin tempatnya. Selama gue lewatin 2 bulan praktek itu ternyata asik juga. Bisa belajar dan tahu dunia kerja itu kayak gimana.

            Nah itu cerita gimana gue bisa kenal sama dunia bisnis. Belajar tentang bisnis seru juag kok. Bikin kita jadinya tuh ga mau jadi karyawan, maunya jadi wirausaha dan buat lapangan kerja. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar