Senin, 25 November 2013

Seminar Pertama

Hari jumat, 1 November 2013. Gue ikut seminar pertama gue sejak gue kuliah. Dikelas gue ada enam orang yang ikut seminar. Gue ikut seminar di daerah depok sedangkan kampus gue di daerah kalimalang. Jaraknya lumayan jauh kan? Udah deirencanain  nih kita ngumpul didepan kampus jam 6, eh ternyata ngaret 1 setengah jam. Baru berangkat jam 7.30, padahal seminarnya mulai jam7.30! nah kan itu udah telat banget, sedangkan jam segitu baru berangkat. Kita mengikuti seminar yang berjudul UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
            Sekitar 2 jam kurang kita sudah sampai didepok, kira-kira jam 9.15.Untung saja boleh masuk seminar. Ya walaupun udah setengah acara kita lewatin. Jadinya kita cuman sedikit mendengar isi dari seminar tersebut. Tetapi kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa bila kita ingin menjadi seorang pengusaha dan kita tidak mempunyai modal, kita bisa meminjam uang tersebut ke suatu bank dengan cara kita memberi proposal usaha kita untuk meyakinkan pihak bank tersebut agar memberi kita penjaman modal. Tetapi tidak secara langsung kita bisa mendapatkan pinjaman modal dibank. Karna proses dan persyaratannya yang ketat, karna pihak bank tidak sembarangan memberi pinjaman modal kepada seorang yang ingin mendirikan sebuah usaha.
            Kita bisa ambil cintoh dari seorang pengusaha yang sudah terkenal yaitu Sandiago Uno. Sandiago Uno sebelum menjadi seorang pengusaha sukses, dia meminjam uang ke suatu bank untuk modal usahanya. Tidak hanya sekali mencoba pinjam modal ke suatu bank tetapi sampai yang ke 15 kalinya baru ada bank yang ingin meminjamkan modal. Bila kita ingin menjadi seorang pengusaha jangan mudah menyerah, terutama bila kita ingin meminjam modal dari suatu bank. Sesuatu kesuksesan yang nikmat itu pasti berawal dari banyaknya cobaan atau rintangaan yang kita hadapi.
            Bayangkan bila kita sekali mencoba meminjam modal ke suatu bank dan bank tersebut langsung meminjamkan. Pengalaman kita saat menjadi sukses tersebut kurang menarik bila kita menceritakan kepada orang lain. Malah lebih menarik yang seorang pengusaha sukses yang menghadapi banyak rintangan dan tidak hanya sekali mencoba tapi berkali-kali. Bila penusaha tersebut mencerikan kepada orang lain pasti terasa menarik dan ingin sekali mengetahui bagaimana bisa sabarnya pengusaha tersebut. Sekali lagi, bila kita ingin menjadi pengusaha sukses jangan mudah menyerah dan coba lagi lagi sampai sukses. Sebuah kesuksesan pasti berawal dari banyaknya rintangan yang kita hadapi.

            Itu kesimpulan dari seminar tersebut. Sangat membangkitkan semangat kita untuk menjadi pengusaha. Semakin menjadi percaya diri dan tidak takut gagal dan berani mencoba lagi bila gagal sampai apa yang kita inginkan tercapai dan terwujud. Sekian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar