Senin, 25 November 2013

Pengalaman Ujian Praktek “Menjual Suatu Produk”

Gue akan menceritakan pengalaman gue saat ujian praktek waktu gue di SMK. Ujiannya itu dengan berkelompok. Nah 1 kelompok ada yang 6 orang dan ada yang 7 orang. Kebetulan gue kebagian yang 1 kelompok 7 orang. Ya lumayan banyaklah, tapi ga apa-apa biar ngurangin tugas juga pas nanti praktek. Ujiannya itu udah rutin disekolah gue untuk anak kelas 12 jurusan pemasaran. Awalnya gue ga setuju ada yang beginian, tapi sekolah tetep ngadain praktek ini. Anggota kelompoknya ada gue sendiri, aida, resti, nina, rima, novi dan nia silvana. Ya walaupun gue cowo sendiri ga apa-apalah. Kelompok lain juga cuman ada 1 cowo. Emang sengaja sih gurunya yang ngatur.
            Diadain praktek ini tuh bisa buat orang berantem karna apa yang akan kita jual ternyata sama kayak kelompok lain dan dalam kelompok itu ada yang berantem karna beda pendapat tapi semua itu . Mungkin disitu lah titik keseruan diadain praktek. Gue juga ngerasain sih serunya praktek ini. Kelompok gue udah rencana pengen jual Spagetti + Orange Ice. Kelompok gue pengen jual Rp 5.000,00/porsi. Kita disuruh gurunya menjual 100 produk. Bagian yang paling susahnya itu nyusun proposalnya, walapupun udah da softcopy dan kita cuman edit-edit doang tapi masih ada aja yang salah dan kita ketik ulang dan print lagi dan menghitung keperluan apa aja yang akan kita beli.
            Kelompok gue temanya merah nih, jadi pada pakai kaos wana merah tapi ada yang pakai warna putih juga biar ga monoton dilihat bahkan stand jualan kita warna merah. Kelompok gue kebagian stand nomor empat, untung aja sih dapet tempat yang strategis. Yang sering dilewatin sama guru-gur dan siswa/i. Jadi bisa promosiin produk kita. Cara kelompok gue promosiin produk kita itu dengan cara ada temen gue yang nyebarin brosur ke kelas-kelas dan ada yang dengan cara berteriak mengajak untuk membeli produk kita. Ohh iya kita juga ngadain untuk 10 pembeli pertama akan mendapatkan souvenir gitu lah haha. Alhamdulillah stand kelompok gue banyak yang dateng untuk membeli. Kelompok gue smpet keteran nih, gara-gara kita baru rebus lagi airnya dan nunggu mendidih belum lagi nunggu spagettinya mateng. Itu sempet buat yang beli tuh bosen dan hampir pengen pergi. Tapi temen-temen gue nenangin yang beli agar sabar karna spagetti belum matang. Alhamdulillah bahan-bahan jualan kita habis dan laku keras haha. Walaupun kelompok gue pada capek dan pusing juga menghadapi konsumen yang banyak tapi tetep semangat terus haha.

            Itu cerita pengalaman praktek ujian menjual suatu produk waktu smk. Gue setuju kegiatan ini diadain terus setiap tahun karna ini dapat melatih kita bagaimana ingin mendirikan usaha. Terutama dalam berkelompok pasti ada yang berbeda pendapat dan berselisih dan itu semua udah gue lewatin sama temen sekelompok gue. Hasilnya kelompok gue untung. Padahal modalnya cuman 350 ribuan dan kelompok gue dapet hasil jaulan 490 ribu. Sekian cerita pengalaman praktek gue. Terima kasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar